Tuesday, May 10, 2011

Penolakan..

Markus 6:1-6

Waktu baca ayat diatas..jadi tersadar kembali..Yesus pernah ditolak..yah Dia pernah ditolak..dikota di mana Dia dibesarkan..Nazaret..
Saat itu Yesus uda melakukan pengajaran dan mujizat2 yang menakjubkan..dan mereka (orang2 yang mengusir Yesus) tidak melihat apa yang sudah Yesus lakukan..tapi mereka melihat latar belakang kehidupanNya..seorang tukang kayu (ayat 3)

Truss jadi mikir..kadang kita juga mengalami apa yang di sebut sebagai 'penolakan' dalam kehidupan kita..
Sebenarnya kita punya bakat and talenta yang bagus..namin karena kita berasal dari daerah terpencil..keluarga ga mampu..suku minoritas..pendidikan standar dan lain sebagainya..
Dulu ogut juga begitu..dengan pendidikan pas-pasan..mau nyari kerja..emank harapan waktu itu ga tinggi-tinggi banget..yang penting nyari kerja halal..dapet uang..
Tapi apa daya..kejamnya ibukota..sulit mencari kerjaan dengan pendidikan pas-pasan..padahal lowongan kerjaan bertaburan disetiap koran setiap harinya..tapi berbanding lurus dengan penolakan yang ada T_T
Kadang penolakan tersebut menyebabkan kita menjadi tidakberdaya..dan rasa tidak diterima seakan-akan menjadi tembok besar penghambat kemajuan kita..

Tapi waktu baca ayat diatas..Yesus sama sekali tidak menjadi terpuruk karena ditolak..Dia tetap melakukan apa yang harus Dia lakukan..
Walaupun hailnya hanya sedikit..hanya menyembuhkan beberapa orang sakit (ayat 5)
Sampe-sampe Yesus heran dengan ketidakpercayaan mereka..kalo dibayangin..mungkin Yesus sampe geleng-geleng and berdecak ckckckckckckck =p (ayat 6)

Truss ogut jadi mikir lagi..gimana cara Yesus mengatasi rasa penolakan itu ya..bayangin aja..ditolak di kampung halamannya ndiri..
And i get 2 point..
  • Yesus tau siapa Dia dan untuk apa dia diutus ke dunia ini..
    Itu sebabnya..sekalipun banyak orang meragukan Yesus..Dia tetap menjalankan tugas-tugasNya..
    Yup..kita juga harus tau..siapa kita..
    Sangat penting untuk mengetahui dan memegang erat identitas kita..
    Kita ini adalah anak-anak Tuhan ("tetapi semua orang yang menerima-Nya diberi-Nya kuasa supaya menjadi anak-anak Allah, yaitu mereka yang percaya dalam nama-Nya" Yoh1:12) yang sudah ditebus oleh karya maha agung Yesus (IKor 6:19-20)
    Dan kita ini berharga di mata Tuhan lhoo (Yes 43:4)
  •  Kedua adalah..dengan mengetahui peranan kita dan berpegang teguh pada tujuan hidup kita..
    Yesus tau apa tugasNya di dunia ini..dan tidak membiarkan orang2 atau keadaan di sekelilingNya berusaha untuk mengalihkan tujuan hidupNya..apalagi menggagalkannya..
    Oleh sebab itu..sangat penting untuk mencari tau apa tujuan hidup kita di dunia ini..dan untuk mengetahui untuk apa kita diciptakan di dunia ini..tanyalah pada Pencipta Agung kita..karena hanya Dia lah yang dapat memberitahu dan menjelaskannya pada kita..

"keyakinan akan siapa diri kita yang sebenarnya dan keteguhan hati untuk tetap fokus pada panggilan..akan membuat kita tidak mudah untuk merasa tertolak.. "

Tuhan memberkati,

L- van

      No comments:

      outbrain