Monday, May 30, 2011

Memikul kuk..

"28Marilah kepada-Ku..semua yang letih lesu dan berbeban berat..Aku akan memberi kelegaan kepadamu.. 29Pikullah kuk yang Kupasang dan belajarlah pada-Ku..karena Aku lemah lembut dan rendah hati dan jiwamu akan mendapat ketenangan.. 30 Sebab kuk yang Kupasang itu enak dan beban-Kupun ringan.." (Mat 11:28-30)
 Waktu baca ayat diatas..jadi penasaran..gimana ya bentuk 'kuk' itu..?? dulu saya kira semacam wadah besar yang biasa dibawa2 di atas pundak (ga kebayang) ga pernah liat se =p

Akhirnya searching2 om Goggle..dapet deh contohnya..kira-kira seperti inilah contoh 'kuk' itu..
kuk pada kerbau saat membajak sawah..

Nah terus..kenapa udah letih dan lesu malah dipasangi kuk lagi..??
Bagaimana mungkin..dah dipasang kuk bisa diberi kelegaan..??
Lalu..kenapa malah beban Yesus yang menjadi ringan..??
and many more... #cermat mode: on
Sebenarnya pertanyaan2 diatas uda sering muter diotak tiap ayat ini dibaca..cuma atas asaz kepercayaan (emang percaya se hehe) saya ga pernah tanya ke senior gereja ato pendeta hihihihi..
I believe and i do what the Bible written in it without doubting its truth..tapi teteup aja ada tandatanya2 diatas hehe..

Akhirnya setelah minggu kemaren neh ayat lewat lagee..saya cari deh maksud dan artinya agar lebih jelas..

Pengertian kuk itu sendiri adalah palang kayu dengan jepitan vertikal yang memisahkan kedua binatang penarik sehingga bersama-sama dapat menarik beban berat.. (sumber dari aunty wiki)

Jadi kuk itu dirancang untuk dipakai secara 'bersama-sama'.. bukan sendiri..
Pada zaman itu..imam-imam dan ahli-ahli Taurat memberikan standar/beban (kuk) yang sangat berat ke pundak jemaat mereka untuk dapat masuk Surga..dan Yesus menawarkan plus mengajak mereka untuk berbagi beban berat itu bersama-sama..

Dan ternyata satu dari kerbau yang dipasangkan kuk itu biasanya lebih senior..alias dah jago dah dalam urusan bajak-membajak sawah (bukan bajak membajak CD lagu ya hehe) sedang yang satu lagi lebih junior..
Maka otomatis yang kerbau junior akan mengikuti gerakan kerbau yang senior..ibaratnya melatih kerbau junior agar dapat mahir juga dalam bajak membajak sawah..
Tidak seperti imam-imam dan ahli-ahli Taurat pada jaman itu..yang cuma bisa NATO - No Action Talk Only..tapi Yesus menawarkan kita menajadi murid-Nya..Dia mengajar apa yang sudah dan akan Dia kerjakan..
Dia guru yang baik..sabar..penuh kasih dan teladan..

Kuk juga mengajarkan kepada kita untuk berbagi..ada bagian yang Yesus lakukan..dan ada bagian yang harus kita lakukan..
Yesus telah mengambil bagian-Nya saat menanggung dosa-dosa kita di kayu salib..dan Dia telah menyelesaikan tugas-Nya dengan sempurna..menang atas maut..ini menjadi kabar baik dan bahagia bagi smua umat manusia..
Dan skarang ada bagian yang harus kita ambil untuk memberitakan kabar baik itu =)


Thanks to God..pelajaran yang berharga dari sebuah alat bernama kuk..mungkin banyak dari yang lain bisa mengambil hikmah yang berbeda dari arti sebuah kuk..tapi pasti dasar dan intinya tetap sama..
Proses dan taat diajar sama Guru besar Yesus =) love it..


Yesus datang menawarkan kerja sama untuk mengangkat beban yang ada di pundak kita bersama-sama..bukan menawarkan beban baru..

Tuhan memberkati,

L-


No comments:

outbrain