Wednesday, March 30, 2011

Hati-hati dengan jebakan betmen..!!!!

Seringkali banyak orang masih tertitpu untuk meng-klik link atau tautan yang diberikan..
Disini saya mau berbagi sedikit tips untuk tidak sembarangan meng-klik link yang diberikan baik oleh teman sendiri maupun orang lain yang gak dikenal..

Harus dapat dibedakan apakah link itu memang berguna baik secara informasi atau justru hanya tindakan iseng seseorang..

  • Hal yang paling utama adalah kesadaran dari setiap pengguna internet untuk tidak asal sembarangan meng-klik link yang diberikan baik lewat email..browsing..chatting dan lain sebagainya..entah itu teman baik sekalipun..harus dilihat dan dipastikan dulu kebenaran link yang diberikan..
  • Pastikan link atau tautan yang anda terima adalah benar menuju website yang dituju, klo bingung..lebih gampangnya kita liat contohnya aj langsung :D
    Contoh 1 : saya membuat link atau tautan menuju blog saya elvanmind.blogspot.com, maka jika anda meng-klik link tersebut anda akan dibawa pada halaman blog saya..
    Tetapi jangan asal tertipu..saya bisa saja membuat tulisan alamat blog saya tapi menuju ke halaman yang berbeda..
    Contoh 2 : silahkan klik link ini elvanmind.blogspot.com, maka anda akan dibawa bukan ke halaman blog saya tetapi ke salah satu media elektronik di Indonesia.
    Lalu bagaimana cara membedakannya..?? Mudah..karena setiap browser yang kita gunakan..punya alat deteksi nya..canggih kan :)
    contoh 1

    contoh 2
    Nah disini saya menggunakan aplikasi browser Mozilla Firefox 3.6 (untuk informasi..skarang sudah keluar versi 4.0) tapi ini juga berlaku untuk semua aplikasi browser..baik Internet Explorer..Google Chrome atau yang lainnya..
    Semua aplikasi tersebut pasti dapat mengenali link yang akan kita tuju..caranya hanya dengan arahkan kursor (jangan di-klik dulu) anda pada link yang ingin anda tuju..maka status bar pada browser anda pasti akan melihat keaslian dari link yang akan tuju..
    Jika tidak sesuai dengan yang tertera..ada baiknya anda mengabaikannya..
    Dan sekarang anda dapat mencoba beberapa link dibawah ini sebagai latihan (tenang tak ada jebakan disini =p) agar anda dapat terbiasa melihat kesebelah bawah kiri browser anda untuk melihat keaslian link yang dituju dan samakan dengan tulisannya..
  •  Hal selanjutnya yang harus diperhatikan adalah penyedia layanan jasa penyingkat alamat web (url)
    Disini saya tidak menyalahkan para penyedia jasa tersebut..hanya terkadang banyak orang yang "tidak berwujud orang" sering menyalahkan layanan tersebut..
    Yang terkenal dan sering dipakai adalah TinyURL..GoogleURL dan masih banyak yang lain..
    Sebenarnya layanan ini berkembang untuk menghemat karakter yang ada..sering dipakai pada forum-forum yang jumlah karakternya dibatasi..
    Bayangkan jika alamat sepanjang ini http://elvanmind.blogspot.com/2011/03/adventure-to-kiluan-bay-lampung.html (76huruf) dapat hanya ditulis dengan sesingkat ini http://tinyurl.com/4f7s7eh (26huruf) atau http://goo.gl/NZ0dK ketiga alamat tersebut menuju ke halaman web yang sama..sangat efisien bukan..
    Tapi justru dengan layanan tersebut browser yang anda miliki tidak dapat mendeteksi kebenaran halaman yang akan anda tuju..
    Saran saya..abaikan jika ada orang2 yang memberikan link dengan cara tersebut..jika memang sang pengirim berniat baik mengirimkan informasi yang benar dan akurat..pasti dia akan mengirim link  yang benar dan asli bukan dengan layanan penyingkat alamat web..
    Kecuali anda sudah sangat mempercayai sang pengirim (disini insting bermain =p) tapi tunggu dulu..jangan lekas percaya juga..anda tidak tahu bukan jika akun sang pengirim yang sangat anda percayai itu sudah dibajak atau disalah gunakan oleh orang yang "tidak berwujud orang"
Lalu apa se efeknya jika secara sengaja maupun tak sengaja sudah meng-klik link yang gajebo..??
Biasa nya link2 tersebut hanya membawa kalian ke halaman sebuah iklan2 yang aneh (penjualan alat2 sex atau obat2an dsb), darisini ada beberapa modus yang bisa terjadi..
  • Pertama (ini pikiran positif nya) mungkin para pengirim hanya ingin menaikan rating dari halaman yang mereka berikan..biasalah nama nya masih manusia dan ingin terkenal..mereka menggunakan berbagai cara agar orang2 datang dan mengunjungi halaman mereka..ga penting banget =p
  • Kedua..ada modus tersembunyi dari halaman yang anda kunjungi..bisa jadi sang pengirim mengikutsertakan spyware..malware..virus dan lain sebagainya kedalam halaman web yang dia kirim..jadi saat anda meng-klik link tersebut..secara tidak langsung anda sudah menyetujui agar spyware..malware dan lain sebagainya masuk kedalam komputer atau laptop anda..
  • Dan lanjutan dari modus kedua adalah secara tidak langsung anda akan ikut terlibat dalam penyebaran link2 yang tidak jelas tersebut..
Dan ini ada beberapa hal yang harus diperlengkapi dalam komputer atau laptop anda..untuk mencegah ketidaksengajaan dalam meng-klik link yang tidak jelas..
  • Hal utama adalah..pastikan komputer atau laptop anda mempunyai anti virus yang selalu ter-update..walaupun ada istilah virus selalu selangkah lebih maju dari anti virus..tapi ga ada salahnya kalo anda selalu update anti virus anda..setidaknya minimal seminggu sekali..
  • Yang tak kalah penting juga adalah selalu upgrade browser yang sering anda gunakan..makin tinggi nya penyebaran link2 yang tak jelas mengharuskan para penyedia layanan browser selalu meng-upgrade aplikasi mereka..
    Sebagai info..bagi anda yang masih menggunakan internet explorer 6..diharuskan untuk meng-upgrade nya menjadi internet explorer 8 untuk pengguna Windows XP dan internet explorer 9 untuk pengguna Windows 7..
  • Terakhir adalah kesadaran para pengguna untuk tidak asal meng-klik link yang ada..baik yang dikirim lewat email..browsing..chatting..dan lain sebagainya..
Sekian info yang dapat diberikan..jika ada masukan atau kritik dari yang membaca..jangan ragu-ragu untuk memberitahu..
Mari kita semua belajar bertanggung jawab atas setiap informasi yang kita kirimkan ke orang lain =)




L-van

3 comments:

Glow said...

Maaciii :D
hohoho, udah jd pak Dosen aja :P

fransiscamulyadi said...

Halo van..good tips, g mau share k tmen2 ah..Sisca.

L- said...

@Glo - AMEN..smoga pada ngerti ya yang diajarin =p

@sisca - hai sis..long time ga ada kabar dari loe =)
monggo silahkan..biar bisa bagi2 info juga ;)

outbrain